Akreditasi Universitas Diponegoro

Akreditasi Universitas Diponegoro

Akreditasi Universitas Diponegoro

Akreditasi Universitas Diponegoro – Universitas Diponegoro atau yang yang biasa dikenal dengan singkatan Undip adalah sebuah Perguruan Tinggi Negeri terkemuka di Indonesia yang berlokasi di Semarang, Jawa Tengah, Indonesia. Undip didirikan pada tahun 1956 sebagai salah satu Perguruan Tinggi Swasta di Indonesia. Kemudian pada tahun 1961 Undip baru mendapat status sebagai Perguruan Tinggi Negeri. Adapun kata “Diponegoro” diambil dari nama pahlawan nasional tanah Jawa, yaitu Pangeran Diponegoro yang merupakan seorang pemimpin perang Diponegoro.

Baca juga : Akreditasi Universitas Padjadjaran

Sosok Pangeran Diponegoro dikenal sebagai pengobar semangat kemerdekaan yang turut melawan penjajahan Belanda di awal abad ke-18. Semangat yang ditorehkan Pangeran Diponegoro turut menginspirasi berdirinya Universitas Diponegoro. Universitas Diponegoro sebagai Perguruan Tinggi Negeri memperoleh status akreditasi institusi peringkat A (Sangat Baik) dengan skor 361 dari Badan Akreditasi Perguruan Tinggi yang berlaku sejak tahun 2013-2018. Undip resmi ditetapkan statusnya menjadi Perguruan Tinggi Badan Hukum berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 52 tahun 2015.

Universitas Diponegoro yang didirikan pada tahun 1956 terus mengembangkan diri dengan melengkapi fakultas-fakultas yang sangat dibutuhkan sebagai pencetak sumber daya manusia yang berkualitas sarjana. Universitas Diponegoro berhasil mendirikan empat Fakultas dalam kurun waktu 1961-1970. Empat Fakultas yang berhasil dikembangkan diantaranya adalah Fakultas Kedokteran (1961), Fakultas Peternakan (1964), Fakultas Sastra (1965) dan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (1965).

Ketahui Akreditasi Universitas Diponegoro Sebelum Memasukinya

UNDIP merupakan salah satu universitas yang banyak diminati oleh calon mahasiswa terutama yang berlokasi di Jawa Tengah dan sekitarnya. Jika kamu tertarik untuk mendaftar ke UNDIP, daftar akreditasi prodi di bawah ini bisa kamu gunakan sebagai referensi untuk memilih jurusan.

Akreditasi ini merupakan salah satu Indikator yang wajib dilihat oleh pelajar yang ingin melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi. Akreditasi terbagi menjadi 2 yaitu Akreditasi Kampus dan Program Studi (Jurusan).Apakah Kamu juga ingin mengecek Akreditasi jurusan Favorit Kamu di UNDIP? Berikut ini daftar semua Program Studi, Jenjang Pendidikan, dan Akreditasi Jurusan yang ada di UNDIP.

Kampus ini terus melakukan perkembangan. Hal tersebut juga dapat kita amati dari wisadawan wisudawati yang di luluskan oleh kampus ini yakni berkisar hingga ribuan wisudawan / wisudawati untuk setiap tahunnya.

Sesuai dengan nama pahlawan yang memiliki semangat tinggi untuk melawan penjajah kolonial belanda yaitu Pangeran Diponegoro., maka nama kampus UNDIP diambil dari salah satu tokoh Pahlawan perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia tersebut. Sebagai salah satu kampus yang terbesar di Indonesia UNDIP dapat berkembang pesat, hal tersebut dapat kita lihat juga dengan banyaknya jurusan di Universitas Diponegoro (UNDIP).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Exit mobile version