Akreditasi Universitas Padjadjaran

Akreditasi Universitas Padjadjaran

Akreditasi Universitas Padjadjaran

Akreditasi Universitas Padjadjaran – Akreditasi UNPAD 2021/2022 – UNPAD merupakan PTN yang berada di Bandung, Jawa Barat. Kampus ini didirikan pada 11 September 1957, dan memiliki Visi “Mencapai Universitas Bereputasi Dunia dan Berdampak pada Masyarakat” yang dilandasi oleh Pola Ilmiah Pokok “Bina Mulia Hukum dan Lingkungan Hidup”.

Baca juga : Profil Universitas Sumatera Utara

Akreditasi ini merupakan salah satu Indikator yang wajib dilihat oleh pelajar yang ingin melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi. Akreditasi terbagi menjadi 2 yaitu Akreditasi Kampus dan Program Studi (Jurusan).Apakah Kamu juga ingin mengecek Akreditasi jurusan Favorit Kamu di UNPAD? Berikut ini daftar semua Program Studi, Jenjang Pendidikan, dan Akreditasi Jurusan yang ada di UNPAD.

Bagi kamu calon mahasiswa yang ingin kuliah di Bandung, mungkin UNPAD sedang ada di dalam daftar target pilihan kamu saat ini. Berdasarkan SK BAN PT Nomor 408/SK/BAN-PT/Akred/PT/XII/2018 tahun 2018, UNPAD mendapatkan akreditasi institusi dengan peringkat A.

Ada banyak jurusan di UNPAD yang bisa kamu pilih saat pendaftaran nanti, baik itu melalui SNMPTN, SBMPTN, atau jalur masuk yang lainnya. Nah, di sini, kami akan memberikan daftar lengkap jurusan-jurusan yang ada di UNPAD beserta dengan akreditasinya.

Informasi Tentang Akreditasi Universitas Padjadjaran

Universitas Padjajaran berdiri pada tanggal 11 September 1957, merupakan perguruan tinggi negeri di Bandung.  Pada 20 Oktober 2014 UNPAD berubah status menjadi Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN BH) dari Badan Layanan Umum (BLU).  Peresmian itu ditandai dengan peraturan pemerintah yang di tandatangani mantan  Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Penetapan itu didasarkan atas evaluasi kinerja uang dilakukan tim independen yang dibentuk kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Selain itu berdasarkan keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi ( BAN PT) yang ditetapkan pada 16 Januari 2014, Unpad mendapat peringkat akreditasi A (sangat baik).

Universitas Padjajaran sebelumnya mengalami permasalahan mengenai lahan yang membuat kampus tersebut terbagi di 13 lokasi yang berbeda. Hal tersebut menyebabkan koordinasi dan pengembangan daya tampung menjadi lebih sulit. Karena itu, pada tahun 1977 Universitas Padjajaran mengusulkan mengenai pengadaan lahan. Kemudian lahan bekas perkebudan di Jatinangor ditunjuk sebagai wilayah pengembangan kampus Unpad.

Secara bertahap, sejak 1983, Universitas Padjajaran memindahkan segala kegiatan pendidikan ke Jatinangor. Dimulai dari Fakultas Pertanian dan disusul oleh fakultas-fakultas lainnya hingga gedung Rektorat Unpad pada tanggal 5 Januari 2012. Meskipun kini berpusat di Jatinangor, tetapi kampus Universitas Padjajaran masih terdapat di daerah lain.

Universitas Padjadjaran mempunyai dua kampus utama serta dua kampus untuk Program Studi di luar Kampus Utama (PSDKU). Kampus utama Unpad adalah Kampus Jatinangor, Kabupaten Sumedang dan Kampus Iwa Koesoemasoemantri di Dipati Ukur, Bandung. Sedangkan kampus Program Studi di luar Kampus Utama atau Kampus PSDKU berada di Pangandaran dan Garut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Exit mobile version