Fakta Gifu University Di Jepang

Fakta Gifu University Di Jepang

Fakta Gifu University Di Jepang

Fakta Gifu University Di Jepang – UGM melalui Fakultas Pertanian terus memperkuat kerja sama dengan Gifu University, Jepang. Bentuk kerja sama tersebut diwujudkan dengan terbentuknya “International Consortium of Universities in South and Southeast Asia Region for the Doctoral Education on the Agricultural Science and Biotechnology (IC-U12)”, Juli 2013.

Baca juga artikel lainnya : Akreditas Universitas Lampung (UNILA)

Salah satu koordinator konsorsium, Prof. Dr. Ir. Siti Subandiyah, M.Agr.Sc. menuturkan kerja sama UGM dengan Gifu University dirintis pada Agustus 2012 dengan ditandatanganinya MoU antara kedua belah pihak. Beberapa kesepakatan yang terjalin dalam kerja sama itu antara lain pertukaran peneliti baik mahasiswa dan dosen.

“Selain itu juga kerja sama dalam berbagai temu ilmiah, konferensi dan seminar,”papar Siti, Rabu (23/7) di UGM.

Siti menambahkan setelah MoU di tingkat universitas ditanda tangani, kesepakatan berlanjut antara Dekan the United Graduate School of Agricultural Science, Gifu University, Prof. Fumiaki Suzuki dengan Dekan Fakultas Pertanian UGM, Dr. Jamhari untuk berpartisipasi dalam “Consortium of the Doctoral programs in Agricurtural Science and Biotechnology in South Asian area”.

Fakta Gifu University Di Jepang | Sejarah

Menurut Siti anggota konsorsium tersebut meliputi Gifu University, University of Dhaka, Asam University, Indian Institute of Guwahati, Universitas Andalas, Universitas Pertanian Bogor (IPB), Universitas Gadjah Mada, Universitas Sebelas Maret, Shizuoka University, Kasetsart University, Chulalongkorn University, dan Hanoi University of Science and Technology.

“Kebetulan dari Indonesia ada empat perguruan tinggi yang terlibat,”kata Siti yang telah ditunjuk Fakultas Pertanian sebagai profesor tamu di Gifu University. Gifu University adalah sebuah universitas nasional yang berbasis di Gifu, sebuah kota bersejarah yang secara geografis terletak di pusat Jepang. Universitas ini berdiri pada tahun 1949 dan pada awalnya hanya terdiri dari dua fakultas, yaitu Fakultas Pendidikan dan Fakultas Pertanian.

Saat ini, universitas ini telah diperluas dengan tambahan tiga fakultas lain, yakni Fakultas Teknik, Fakultas Kedokteran, dan Fakultas Studi Regional. Universitas ini memiliki sekitar 800 staf pengajar, termasuk 294 profesor dan 800 staf medis, teknis, dan administratif. Ada sekitar 6.000 sarjana dan 1.600 mahasiswa pascasarjana. Selain itu, 62 sarjana internasional dan 255 mahasiswa pascasarjana internasional yang sedang belajar di kampus ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Exit mobile version