Profil Singkat University of California San Francisco

Profil Singkat University of California San Francisco

Universitas California, San Francisco atau University of California, San Francisco (UCSF) adalah universitas negeri, universitas riset dan universitas hibah-tanah di San Francisco, California. UCSF merupakan bagian dari sistem University of California yang didedikasikan sepenuhnya untuk ilmu kesehatan. UCSF menjadi pusat utama penelitian dan pengajaran medis serta biologis.

Baca juga artikel lainnya : Profil Universitas Michigan

UCSF didirikan dengan nama Toland Medical College pada tahun 1864, dan pada tahun 1873 berafiliasi dengan University of California, menjadi Fakultas Medisnya. Pada tahun yang sama, didirikan California College of Pharmacy dan pada tahun 1881 mendirikan sekolah kedokteran gigi. Kampusnya berada di Berkeley dan San Francisco. Pada tahun 1964, UCSF berstatus sebagai kampus sistem UC yang dipimpin oleh seorang rektor dan sejak tahun 1970 menggunakan nama UCSF hingga saat ini.

Secara historis, UCSF berbasis di Parnassus Heights, San Francisco dan beberapa lokasi lainnya di seluruh kota. Pada awal 2000-an, UCSF mengembangkan kampus besar keduanya di kawasan Mission Bay yang baru. Hingga Oktober 2018, 10 pemenang Penghargaan Nobel berafiliasi dengan UCSF sebagai anggota fakultas atau peneliti dan UCSF menjadi tempat bagi banyak terobosan ilmiah.

University of California San Francisco

UCSF dianggap sebagai salah satu universitas kedokteran dan ilmu kehidupan terkemuka di dunia. Sekolah profesional UCSF termasuk yang terbaik di Amerika Serikat, menurut U.S. News & World Report dan pemeringkat universitas lainnya. UCSF juga berada di peringkat atas atau mendekati yang teratas dalam pendanaan penelitian dari Institut Kesehatan Nasional.

Menurut U.S. News & World Report edisi tahun 2021-2022, UCSF Medical Center adalah rumah sakit terbaik ketiga di negara bagian California (setelah Ronald Reagan UCLA Medical Center serta Cedars-Sinai Medical Center) dan peringkat ke-9 terbaik di Amerika Serikat. Di antara sekolah kedokteran yang ada di Amerika Serikat, UCSF berada pada peringkat ke-4 untuk bidang penelitian dan peringkat ke-2 untuk bidang pelatihan klinis dengan spesialisasi perawatan primer (penyakit dalam, kedokteran keluarga, dan pediatri) versi U.S. News & World Report.

Pada tahun 2019, UCSF menduduki peringkat ke-6 untuk ilmu biomedis menurut Nature Index, yang mengukur kontributor makalah terbesar yang diterbitkan pada jurnal terkemuka dari tahun 2015 hingga 2018.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Exit mobile version