Siang Potong Tumpeng, Petang Nonton Bareng Film Pendek Karya Mahasiswa Sistem Informasi

UM – Ketua Yayasan Airlangga Hj. Mulia Hayati Devianti bersama dengan Direktur Eksekutif Yayasan Airlangga Dr. Agung Sakti Pribadi secara simbolis melakukan pemotongan pita dan tumpeng sebagai tanda secara resmi dibukanya Ruang Kegiatan Mahasiswa yang diberi nama Ruang @Domain, Selasa (3/1/2023).

Hj. Mulia Hayati mengatakan bahwa fasilitas tersebut disediakan oleh Yayasan Airlangga untuk kegiatan mahasiswa maupun sebagai penunjang akademik, seperti diskusi dengan dosen terkait pengembangan diri maupun kegiatan akademik.

“Fasilitas ini disediakan untuk kegiatan mahasiswa maupun dosen seperti berdiskusi atau pengembangan Unit Kegiatan Mahasiswa, UKM. Ada Lounge, tapi untuk penjelasan dan teknis pengoperasian penggunaan akan dijelaskan oleh Direktur Eksekutif Bapak Agung,” tuturnya.

Dengan adanya fasilitas ini, Hj. Mulia berharap dapat memberikan manfaat bagi sivitas Universitas Mulia. Dalam kesempatan ini, hadir Wakil Rektor Wisnu Hera Pamungkas dan Mundzir, Kepala SMK Airlangga Saiful, S.Pd, Kepala SMK Kesehatan Firmansyah dan Kepala SMP Plus Airlangga Ira Hanida.

Dr. Agung mengatakan bahwa berharap Ruang @Domain menjadi ruang yang enak dan nyaman bagi mahasiswa dalam mengerjakan tugas, diskusi, mengobrol, bahkan untuk sekadar Charging telepon seluler.

“Kadang-kadang charge hand-phone susah ya? Ya, ini tempatnya di sini,” tutur Dr. Agung sembari menunjukkan sarana kabel Charging telepon seluler.

Dr. Agung berharap ruangan tersebut menjalankan pendingin AC (Air Conditioning) penuh 24 jam. “Kalau misalnya kuliah jam 10 pagi, jam 8 boleh ke sini mengerjakan tugas,” tuturnya.

Menurut Dr. Agung, setiap Prodi ke depan akan mendapatkan jadwal pemakaian agar mahasiswa maupun dosen bisa menggunakan tempat tersebut secara bergantian. “Setidaknya sebulan sekali. Di situ nanti akan ada jadwalnya,” tuturnya.

Prosesi Pemotongan Pita sebagai tanda
peresmian Ruang Kegiatan Mahasiswa oleh Ketua Yayasan Airlangga ibu Hj. Mulia Hayati Devianti disaksikan para undangan. Foto: Media Kreatif

Prosesi Pemotongan Tumpeng sebagai bentuk syukur atas peresmian Ruang Kegiatan Mahasiswa oleh Ketua Yayasan Airlangga ibu Hj. Mulia Hayati Devianti disaksikan para undangan. Foto: Puskomjar

Prosesi Pemotongan Tumpeng sebagai bentuk syukur atas peresmian Ruang Kegiatan Mahasiswa oleh Ketua Yayasan Airlangga ibu Hj. Mulia Hayati Devianti disaksikan hadirin dan para undangan. Foto: Puskomjar

Dalam pekan ini tercatat beberapa kegiatan mahasiswa yang sudah terjadwal akan menggunakan Ruang Domain. Ke depan, secara bertahap Dr. Agung akan menambah beberapa fasilitas agar lebih nyaman digunakan.

Sementara itu, Wakil Rektor Mundzir, S.Kom., M.T mengatakan berterima kasih kepada Yayasan Airlangga atas tersedianya fasilitas Ruang Domain sebagai tempat Kegiatan Mahasiswa.

“Alhamdulillah, mahasiswa bisa menggunakan Ruang Domain ini untuk kegiatan-kegiatan yang sifatnya mungkin non-formal ya, diskusi-diskusi yang serius, tapi santai,” tuturnya.

Menurut Mundzir, kekuatan Universitas Mulia ada pada kebersamaan dan humanisnya. “Hampir tidak ada jarak antara dosen dengan mahasiswa, baik itu kehidupan sehari-hari maupun pergaulan,” tutur Mundzir.

Ia berharap kekuatan tersebut terus dijaga sehingga kegiatan-kegiatan kemahasiswaan dalam pengembangan diri dan prestasi terus meningkat. “Mudah-mudahan ke depan dengan adanya Ruang ini kegiatan kemahasiswaan semakin meningkat,” tuturnya.

Nonton Bareng Film Pendek

Dosen Pendidikan Agama Lisda Hani Gustina bersama Kaprodi Sistem Informasi (duduk) Tri Sudinugraha membuka kegiatan mahasiswa. Foto: Tri Sudinugraha

Dosen Pendidikan Agama Lisda Hani Gustina bersama Kaprodi Sistem Informasi (duduk) Tri Sudinugraha membuka kegiatan mahasiswa. Foto: Tri Sudinugraha

Pemutaran Film Pendek Karya mahasiswa kelas SIB1J mata kuliah Pendidikan Agama yang diasuh oleh dosen Lisda Gustina. Foto: Tri Sudinugraha

Pemutaran Film Pendek Karya mahasiswa kelas SIB1J mata kuliah Pendidikan Agama yang diasuh oleh dosen Lisda Gustina. Foto: Tri Sudinugraha

Petang harinya, kurang lebih 80 orang terdiri atas mahasiswa Kelas SIB1J Sistem Informasi dan dosen menggelar nonton bareng film pendek karya mahasiswa. Film pendek tersebut dalam rangka karya tugas akhir mata kuliah Pendidikan Agama yang diasuh dosen Lisda Hany Gustina, S.Ag., M.Pd.

Ketua Prodi Sistem Informasi S1 Tri Sudinugraha, S.Kom., M.Kom mengatakan bahwa film tersebut merupakan karya mahasiswa yang diputar secara bergiliran. “Insya Allah akan ada kelas lain yang menysul untuk menyelenggarakan film hasil karya mereka,” tutur Tri.

Menurutnya, pembuatan film tematik sesuai mata kuliah, seperti mata kuliah Pendidikan Agama akan menjadi sebagai sarana dalam menyebarkan suatu informasi yang juga dipelajari dari Program Studi Sistem Informasi S1.

“Alhamdulillah bisa terwujud dari arahan dosen mata kuliah Pendidikan Agama, yaitu Bu Lisda,” tuturnya. Dirinya berharap kegiatan tersebut bisa memacu kreativitas kelas lain untuk bisa terus semangat dalam berkarya dan terus berkelanjutan.

“Produk ini Insya Allah akan kita ajukan ke HKI agar dapat diakui hak ciptanya,” pungkas Tri Sudinugraha, yang juga Alumni STMIK STIKOM Balikpapan.

(SA/Puskomjar)


admin

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *